Sunday, August 7, 2011

Anyaman Ketak Lombok

berbagai produk kerajinan ketak lombok. lombok handcraft, hand made and lombok art
Propinsi Nusa Tenggara Barat sebagai daerah agraris, beraneka ragam tanaman tumbuh subur, salah satunya adalah tanaman yang oleh masyarakat setempat disebut “Ketak” yang dalam bahasa latinnya disebut “Lygodium Circinatun” tanaman ini termasuk paku-pakuan yang menjalar pada tanaman induk/pokok. Pada saat ini ketak merupakan salah satu bahan baku untuk membuat berbagai bentuk barang melalui proses pengeringan, pembelahan dan pembentukan.
Dalam perkembangannya sampai dengan sampai dengan tahun 2011, kerajinan antaman ketak ini terdapat di 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur, dengan sentra 64 sentra, Unit Usaha 15.004 buah dan dapat menampung tenaga kerja sebanyak 25.631 orang serta menyerap investasi sebesar 3.816.663.000,-.

Anyaman ketak mula-mula berkembang sekitar tahun 1986 di Desa Nyurbaya Gawah Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, karena bahan baku yang berlimpah disana. Pada tahun 1988 pemerintah mulai melakukan pembinaan serta intensif berupa pelatihan keterampilan, pengembangan design, pameran baik lokal maupun nasional, sehingga produk anyaman ini dapat berkembang mulai dari Lombok Barat, Lombok Tengah ke Lombok Timur.
Produk anyaman ketak merupakan salah satu produk kerajinan yang banyak dipasarkan di Art Shop yang tersebar di daerah wisata Nusa Tenggara Barat maupun Bali. Anyaman ketak ini biasanya dimanfaatkan sebagai barang dekoratif meskipun masih juga melekat fungsi dari produk tersebut.
Ketak tidak hanya dipasarkan domestic akan tetapi juga menembus pasar mancanegera seperti German, inggris, perancis dan seputaran Asia juga di beberapa Negara berkembang lainnya. Para exporter dan importer baik yang berada di Lombok ataupun dari daerah alinya ikut aktif dalam penjualan ketak ke manca Negara atau domestic yang membuat permintaan kerajinan ketak dan bahan bakunya naik sangat siginifikan.
Ketak, selain mempunyai nilai seni tinggi juga tidak lepas dari pemanfaatan sehari-hari. Seperti masyarakat Narmada yang merupakan pengrajin ketak memanfaatkannya sebagai perangkat dalam kehidupan sehari-hari.

Tertarik untuk memiliki kerajinan ketak dirumah Anda, Skepat Lombok juga ikut aktif menjadi distributor dalam penjualan ketak tentunya dengan harga yang sangat bersaing. Kami bekerjasama dengan perajin ketak untuk menjual kerajinan ketak secara online dengan target pasar lokal dan internasional. kami melayani pemesanan partai besar atau kecil, re-distrubusi dan untuk penggunaan pribadi. Berikut beberapa gambar catalog anyaman ketak saat ini yang sudah masuk ke kami dan siap dipasarkan dengan tingkat ketersediaan yang baik. Catalog dibawah akan selalu diperbaharui dan diupdate setiap kali ada penambahan catalog, perbahan harga dan motif.

Katalog
berbagai produk kerajinan ketak lombok. lombok handcraft, hand made and lombok art
Deskripsi Produk
Kode Produk : T001
Nama : Tas Sundung Tali Pendek
Dimensi : Tinggi 20cm, Lebar 35cm, Tebal . 10cm
Berat: 300Gram
Keterangan : Ruangan tas menggunakan bahan kain halus setengah parasut, licin dilengkapi dengan tali pengerat agar barang di dalam tas tidak jatuh.
Kegunaan: sangat pas digunakan sebagai tas pesta, arisan dan keperluan jalan-jalan. sangat cocok untuk ibu-ibu yang mempunyai mobilitas tinggi diluar.
Harga: 230.000,-(dua ratus tiga puluh ribu rupiah)
berbagai produk kerajinan ketak lombok. lombok handcraft, hand made and lombok art
Deskrpsi Produk
Kode Produk : T002
Nama Produk : Tas Poh Kecil Kayu Buka
Dimensi: Lebar 8cm, Tinggi 14.5cm
Berat: 400Gram
Keterangan: Tali tas panjang berbahan ketak tanpa penutup pada ruangan tas.  
Harga: 190.000,-(Seratus Sembilan Puluh Ribu Rupiah)
berbagai produk kerajinan ketak lombok. lombok handcraft, hand made and lombok art 


Deskrpsi Produk
Kode Produk : T003
Nama Produk : Tas poh tutup tali kulit
Dimensi: Lebar 12cm, Tinggi 14.5cm
Berat: 350Gram
Keterangan: menggunakan tutup pada ruang tas dengan pengunci. menggunakan tali panjang berbahan kulit
Harga: 135.000,-(Seratus tiga puluh ribu rupiah)



Cara Pemesanan.
Via SMS atau telp. ke nomer 081 8040 636 53 [Nizar] atau kirim email ke nizarjoe@gmail.com.
Pengiriman.
Untuk pengiriman domestik seluruh indonesia kami menggunakan jasa kurir TiKi (titipan kilat) reguler dengan tarif standar tiki. pembeli juga dapat menentukan sendiri cara pengiriman menggunakan kurir lain jika kurir tersebut mempunyai cabang dikawasan kami. 
Pembayaran:
Teknis pembayaran menggunakan metode transfer Bank.untuk detail akun bank akan kami berikan jika ada proses pembelian.

Baca Juga:
Teh celup daun Ashitaba Lombok  
Teh Seduh daun Ashitaba Lombok 
Teh Bubuk Akar daun Ashitaba Lombok


Get cash from your website. Sign up as affiliate.

0 komentar:

Post a Comment

Blog ini bersifat DoFollow. silahkan tinggalkan komentar yang sesuai dengan konten artikel. komentar yang tidak perlu akan kami hapus. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More